Pages

Friday, April 5, 2019

Anies: Anak Harus Dapat Asupan Makanan Sehat

INILAHCOM, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau program Penyediaan Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMT-AS) di SDN Kedaung Kali Angke 03 dan 08 Pagi, di Cengkareng, Jakarta Barat.

"Kita datang untuk meninjau pelaksanaan program ini. Kita dorong program ini dengan beberapa terobosan. Salah satunya adalah variasi makanannya. Kalau dulu ada dua, sekarang 29 jenis," kata Anies, Jumat (5/4/2019).

Anies menjelaskan ada 29 varian menu secara bergantian sesuai penjadwalan akan diberikan kepada peserta didik. Hal itu sesuai rekomendasi Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta yang terdiri dari jenis makanan sehat, bergizi, beragam, berimbang, dan aman untuk dikonsumsi oleh siswa. Dari segi pengemasan, penyajian, dan pendistribusiannya pun dipantau oleh Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta.

Tahun ini juga merupakan pertama kalinya PMT-AS dilaksanakan secara swakelola oleh Komite Sekolah yang terdiri dari orang tua siswa dan masyarakat sekitar sekolah.

Tujuan program tersebut guna meningkatkan kecukupan asupan gizi peserta didik, meningkatkan ketahanan fisik siswa dalam mengikuti kegiatan belajar, menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS), serta meningkatkan partisipasi masyarakat langsung di lingkungan sekolah.

"Kota ini anak-anaknya harus mendapat asupan makanan sehat yang baik, sehingga gizi mereka tercukupi dan mereka sehat secara jasmani untuk mengikuti segala kegiatan belajar," tuturnya.

Anies menambahkan alokasi anggaran dari program ini meliputi Satuan Pendidikan Anak Usia Dini Negeri (SPAUDN), Sekolah Dasar Negeri (SDN), dan Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) di 53 Kelurahan yang termasuk dalam program Penataan Kampung yang ditetapkan dalam Peraturan Gubernur Nomor 90 Tahun 2018 tentang Peningkatan Kualitas Pemukiman dalam Rangka Penataan Kawasan Pemukiman Terpadu dan Keputusan Gubernur Nomor 878 Tahun 2018 tentang Gugus Tugas Pelaksanaan Penataan Kampung dan Masyarakat

"Kita berharap semoga bisa menjangkau seluruh kelurahan, khususnya yang masuk kategori kampung klasifikasi masyarakat kurang mampu," tutupnya. [rok]

Let's block ads! (Why?)

from Inilah.com - Metropolitan kalo berita gak lengkap buka link disamping http://bit.ly/2Uuz3ZM

No comments:

Post a Comment